Tuesday, September 11, 2012

TRANSPORTASI KE SEMARANG

Ke Semarang enaknya pake apa ya?

Jawaban saya pastinya adalah, pake baju doong. Kalo ngga nanti bukannya sampe Semarang malah sampe RSJ..he..he..Tapi jangan anggap jawaban ini tidak serius ya, karena kalau anda tidak benar-benar melakukan yang saya sarankan itu maka anda akan benar-benar sampe di RSJ.

JARAK
Jarak tempuh antara Semarang - Jakarta sekitar 500 s/d 600 km, sementara Semarang - Surabaya sekitar 300 s/d 400 km. Maap nih ngga bisa kasih tau angka lengkap, maklum waktu perjalanan ngga pernah sambil ngulur meteran. Sementara untuk daerah diluar pulau jawa, silahkan googling saja.

KENDARAAN, WAKTU TEMPUH, BIAYA
Nah!! Ini nih yang paling banyak ditanya oleh para pelancong newbie, terutama mahasiswa..he..he..alasan yang pasti kata mereka adalah menyesuaikan antara isi kantong, napsu jalan-jalan, dan subsidi dari pihak-pihak tidak terkait (lho??? maksudnya yg ngga terlibat sama jalan2 mereka), seperti orangtua, sodara, tuan rumah yang bersedia dimampirin, atau bahkan para pejalan kaki (lho??? ini lebih ngga masuk akal).

Ada berbagai moda transportasi yang bisa digunakan agar dapat masuk wilayah Semarang, seperti mobil, bis, sepeda onthel, kereta api, pesawat terbang, heli, kapal laut, sampai kapal pesiar. Tapi semuanya itu tergantung yang melakoni perjalanan. Baiklah, kita bahas dulu dari transportasi yang paling enak dan cuepaat.

PESAWAT
Dengan pesawat, waktu tempuh antara Jakarta - Semarang maupun Semarang - Surabaya sesuai jadwal adalah 1 jam, namun kalau menghitung dari pesawat lepas landas hingga mendarat cuma sekitar 45 menit. 
Kalau pertanyaannya paling enak naik armada apa? Yang pasti Garuda, disamping dapat snack, kita akan dapat minuman pilihan kita (teh/kopi/aneka juice/dll), bahkan boleh nambah selama pesawat masih di udara. Kita juga mendapatkan bacaan, sedangkan anak-anak mendapat buah tangan yang dibawa pulang, anak saya dapat puzzle (maklum first fly).
Kalau armada yang paling murah? Wah ini yang jawabnya susah, karena tidak semua perusahaan penerbangan melayani perjalanan Semarang-Jakarta dan sebaliknya. Jadi silahkan cek promo yang sedang berlangsung.
Tarif tiket secara umum antara 400 ribuan hingg 1,8 juta (per 2010) dari Semarang-Jakarta dan sebaliknya, bergantung dari armada dan kelas yang anda pilih (menentukan fasilitas juga). Namun anda akan dikenakan tarif yang lebih mahal sekitar 150rb s/d 400rb untuk tanggal merah, hari raya, atau hari libur nasional, biasanya berlaku 5 s/d 3 hari sebelum hari-H. 
Jadi, ada baiknya anda rencanakan perjalanan dan pesan tiket jauh hari sebelumnya, kalau perlu tiket pulang-pergi--disamping lebih praktis, kadang-kadang juga ada diskon tambahan.
Satu lagi jangan lupa, anda harus sampai di bandara sekitar 1 jam atau 45 menit sebelum jadwal keberangkatan ut boarding, karena terlambat boarding artinya anda tdk boleh naik armada...hiks...sayang dong.

HELI
Wah...meskipun bukan armada angkut umum, menyewa heli rupanya sudah menjadi pilihan sejumlah orang, terutama bila medan jangkauan cukup sulit dengan perjalanan darat, disamping itu sejumlah pebisnis memilih heli untuk kepentingan bisnis, kepraktisan, dan alasan mereka sendiri. Tarif sewanya 1700 dollar AS s/d 1800 dollar AS per jam (sekitar Rp 17 juta sampai Rp 18 juta dengan kurs Rp 10.000 per 1 dollar AS) sudah termasuk biaya bahan bakar, pilot, asuransi dan pelayanan antar jemput dari hotel ke bandara. Anda tertarik? Berikut beberapa perusahaan persewaan helikopter yang bisa anda hubungi: Equator Lampung, Air Pacific Utama, PT. PUTI AIR, dll, sisanya silahkangoogling juga, karena tidak dari satupun perusahaan itu yang ada kaitan kerabat, atau bahkan membayar saya..he..he

KERETA API
Walaupun menempuh waktu lebih lama dari pesawat, ada kenikmatan tersendiri menumpang kereta api, wuihhh....pemandangannya aduhai. Kalau di jalur utara kita akan lebih banyak disuguhi pemukiman dan tepian pantai, melewati jalur selatan kita akan disuguhi pegunungan dengan banyak jembatan karena melewati sungai pastinya, serta jalan yang berliku...aih stress ilang deh liat pemandangan permai begitu.
Tarif tiket kereta beragam, disesuaikan dengan kelas dan lokasi stasiun keberangkatan.
Kereta api ekonomi Jakarta-Semarang menempuh perjalanan 8 s/d 10 jam, lama banget ya!? Jelas, soalnya kereta api dengan tarif termurah ini diharuskan berhenti di setiap stasiun untuk mengangkut penumpang belum lagi berhenti di sejumlah tempat untuk mempersilahkan kereta bisnis dan eksekutif lewat dulu, ngalah yah...maklum murah, juga meriah (yg diangkut banyak).
Sedangkan kereta kelas bisnis dan eksekutif menempuh perjalanan hanya sekitar 5 hingga 6,5 jam saja, tentu dengan tarif yang lebih tinggi dan armada yang lebih baik. 
Fasilitas, kalau kereta ekonomi paling minim fasilitas, maka kereta api bisnis lebih baik. Kita mendapat bantal dan selimut. Kelas eksekutif biasanya disamping selimut dan bantal, kita akan mendapat makan, tapi per Agustus 2009 layanan makanan dihilangkan, kita bisa membeli makanan di gerbong restorasi atau memesan pada petugas. Jadi, kalau mau hemat bawa rantang sendiri...hehe
untuk info kereta api anda juga bisa membuka situs KERETA API INDONESIA

Whaduh...ternyata pegel juga nih, nulisnya udah banyak. Lagipula capek kan baca tulisan kecil-kecil di monitor, kalo ngga pengen terlalu sepet dicetak kali yaa.